
Contoh Soal Bahasa Arab UTS Semester 2 Kelas 4 MI
I. Pendahuluan
Ujian Tengah Semester (UTS) merupakan evaluasi penting untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari selama satu semester. Bagi siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI), UTS Bahasa Arab semester 2 menuntut pemahaman yang komprehensif terhadap materi yang telah diajarkan, meliputi kosakata, tata bahasa dasar, membaca, menulis, dan mendengarkan. Artikel ini menyajikan contoh soal UTS Bahasa Arab semester 2 kelas 4 MI yang mencakup berbagai aspek tersebut, disertai kunci jawaban dan penjelasan singkat. Soal-soal ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi UTS dan guru dalam menyusun soal yang komprehensif dan sesuai dengan kurikulum.
II. Outline Soal UTS Bahasa Arab Kelas 4 MI Semester 2
Berikut outline soal yang akan dibahas, mencakup berbagai aspek kemampuan berbahasa Arab:
A. Kosakata (Mufradat): Mencakup pengenalan dan pemahaman kosakata terkait tema-tema yang telah dipelajari selama semester 2.

B. Tata Bahasa (Nahwu): Meliputi pemahaman dan penerapan kaidah tata bahasa dasar, seperti isim (kata benda), fi’il (kata kerja), harf (kata depan), dan kalimat sederhana.
C. Membaca (Qira’ah): Kemampuan membaca teks Arab dengan lafal yang benar dan memahami isi teks.
D. Menulis (Kitabah): Kemampuan menulis kata, kalimat, atau paragraf sederhana dalam bahasa Arab sesuai dengan kaidah tata bahasa yang telah dipelajari.
E. Mendengarkan (Istima’): Kemampuan memahami percakapan atau narasi sederhana dalam bahasa Arab (biasanya dalam bentuk audio, namun untuk contoh tertulis, akan disajikan dalam bentuk teks transkripsi).
III. Contoh Soal dan Pembahasan
A. Kosakata (Mufradat)
-
Pilihlah jawaban yang tepat!
a. Kata yang berarti "rumah" adalah …
1) kitab 2) bait 3) qalam 4) kursiJawaban: 2) bait
b. Kata yang berarti "sekolah" adalah …
1) masjid 2) madrasah 3) suq 4) shahabJawaban: 2) madrasah
c. Arti dari kata "kitab" adalah …
1) pensil 2) meja 3) buku 4) pintuJawaban: 3) buku
-
Tulislah arti kata-kata berikut dalam bahasa Indonesia!
a. طالب (thālib) = Siswa
b. معلم (mu’allim) = Guru
c. قلم (qalam) = Pena
B. Tata Bahasa (Nahwu)
-
Tentukan isim (kata benda), fi’il (kata kerja), dan harf (kata depan) pada kalimat berikut!
الْطالِبُ يَقْرَأُ الْكِتابَ (Al-thālib yuqra’ul-kitāb)
- Isim (kata benda): الطالب (al-thālib) – siswa, الكتاب (al-kitāb) – buku
- Fi’il (kata kerja): يقرأ (yuqra’u) – membaca
- Harf (kata depan): لا يوجد حرف جر (Tidak ada kata depan dalam kalimat ini)
-
Buatlah kalimat sederhana dengan menggunakan kata-kata berikut!
a. الفتاة (al-fatāt) – gadis, تكتب (taktubu) – menulis, قصيدة (qashiidah) – puisi
Jawaban: تكتب الفتاة قصيدةً (Al-fatāt taktubu qashiidatan) – Gadis itu menulis puisi.
-
Lengkapilah kalimat berikut dengan kata yang tepat!
أنا __ طالب. (Ana __ thālib) – Saya __ siswa.
Jawaban: أنا طالب (Ana thālib) – Saya seorang siswa.
C. Membaca (Qira’ah)
Bacalah teks berikut dengan teliti, kemudian jawab pertanyaan di bawahnya!
(Teks Arab sederhana tentang kegiatan sehari-hari siswa, misalnya pergi ke sekolah, belajar, bermain, dll. Teks harus disesuaikan dengan kemampuan membaca siswa kelas 4 MI. Contoh teks dapat berupa kalimat-kalimat sederhana yang membentuk paragraf pendek.)
Pertanyaan:
- Apa yang dilakukan siswa dalam teks tersebut?
- Dimanakah siswa tersebut belajar?
- Apa yang dilakukan siswa setelah pulang sekolah?
(Jawaban disesuaikan dengan isi teks yang diberikan)
D. Menulis (Kitabah)
-
Tulislah 5 kata benda (isim) dalam bahasa Arab yang berhubungan dengan sekolah! (Contoh: مدرسة, طالب, كتاب, قلم, مقعد)
-
Tulislah kalimat dalam bahasa Arab yang artinya: "Saya pergi ke sekolah setiap hari." (Contoh: أذهب إلى المدرسة كل يوم.)
E. Mendengarkan (Istima’)
(Untuk UTS sebenarnya akan menggunakan audio. Namun, untuk contoh tertulis, kita gunakan transkripsi audio).
Transkripsi Audio:
(Sebuah percakapan singkat antara dua orang, misalnya percakapan antara guru dan siswa tentang pelajaran hari ini. Percakapan harus sederhana dan menggunakan kosakata yang telah dipelajari siswa.)
Pertanyaan:
- Siapakah yang sedang berbicara dalam percakapan tersebut?
- Apa yang dibicarakan dalam percakapan tersebut?
- Apa yang diminta guru kepada siswa?
IV. Penutup
Contoh soal di atas hanyalah sebagian kecil dari materi yang mungkin diujikan dalam UTS Bahasa Arab semester 2 kelas 4 MI. Guru dapat menyesuaikan soal dengan materi yang telah diajarkan dan tingkat kemampuan siswa. Penting bagi siswa untuk berlatih secara rutin agar dapat memahami dan menguasai materi dengan baik. Semoga contoh soal ini bermanfaat bagi siswa dan guru dalam mempersiapkan UTS Bahasa Arab. Ingatlah untuk selalu berdoa dan berusaha maksimal dalam belajar. Semoga sukses!