Pendidikan Dasar
Contoh Soal Pilihan Ganda HOTS Kelas 4 SD

Contoh Soal Pilihan Ganda HOTS Kelas 4 SD

I. Pendahuluan

Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dirancang untuk menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, melampaui pemahaman dan penerapan pengetahuan sederhana. Soal HOTS menuntut siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, menciptakan, dan memecahkan masalah yang kompleks. Pada jenjang kelas 4 SD, penerapan soal HOTS difokuskan pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui konteks materi pelajaran yang telah dipelajari. Artikel ini menyajikan contoh soal pilihan ganda HOTS untuk kelas 4 SD yang meliputi berbagai mata pelajaran, disertai pembahasan untuk memudahkan pemahaman.

II. Contoh Soal HOTS Kelas 4 SD

Berikut beberapa contoh soal pilihan ganda HOTS untuk kelas 4 SD, dibagi berdasarkan mata pelajaran:

A. Matematika

Contoh Soal Pilihan Ganda HOTS Kelas 4 SD

  1. Soal: Andi memiliki 36 buah kelereng. Ia ingin membagi kelereng tersebut ke dalam beberapa kantong plastik dengan jumlah kelereng yang sama banyak di setiap kantong. Jika Andi ingin membuat minimal 2 kantong dan maksimal 6 kantong, berapa banyak kemungkinan jumlah kantong plastik yang dapat digunakan Andi?

    a. 2 kemungkinan
    b. 3 kemungkinan
    c. 4 kemungkinan
    d. 5 kemungkinan

    Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan analisis dan pemecahan masalah. Siswa harus mencari faktor dari 36 (yaitu 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18, 36). Karena Andi ingin membuat minimal 2 dan maksimal 6 kantong, maka kemungkinan jumlah kantong adalah 2, 3, 4, dan 6. Jadi, ada 4 kemungkinan. Jawaban: c

  2. Soal: Sebuah persegi panjang memiliki keliling 40 cm. Jika panjangnya 12 cm, berapakah luas persegi panjang tersebut?

    a. 24 cm²
    b. 48 cm²
    c. 96 cm²
    d. 120 cm²

    Pembahasan: Soal ini menguji pemahaman konsep keliling dan luas persegi panjang. Siswa perlu menghitung lebar persegi panjang terlebih dahulu dengan rumus keliling (2 x panjang + 2 x lebar = keliling), kemudian menghitung luasnya (panjang x lebar). Keliling = 40 cm, panjang = 12 cm. 2(12) + 2(lebar) = 40. 2(lebar) = 16. Lebar = 8 cm. Luas = 12 cm x 8 cm = 96 cm². Jawaban: c

  3. Soal: Ani membeli 2 kg apel dengan harga Rp 40.000, dan 1 kg jeruk dengan harga Rp 20.000. Berapa harga rata-rata per kg buah yang dibeli Ani?

    a. Rp 20.000
    b. Rp 30.000
    c. Rp 40.000
    d. Rp 60.000

    Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan siswa dalam menghitung rata-rata. Total harga buah = Rp 40.000 + Rp 20.000 = Rp 60.000. Total berat buah = 3 kg. Harga rata-rata = Rp 60.000 / 3 kg = Rp 20.000/kg. Jawaban: a

B. Bahasa Indonesia

  1. Soal: Bacalah kalimat berikut: "Kucing itu tidur di atas kasur empuk berwarna merah muda." Kata yang bermakna rasa adalah…

    a. kucing
    b. tidur
    c. empuk
    d. merah muda

    Pembahasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang makna kata. Kata "empuk" menggambarkan tekstur kasur dan menimbulkan rasa nyaman. Jawaban: c

  2. Soal: Cerita dongeng biasanya memiliki pesan moral. Apa yang biasanya menjadi pesan moral dalam dongeng?

    a. Cara memasak makanan
    b. Petunjuk penggunaan alat
    c. Pelajaran tentang kebaikan dan kejahatan
    d. Tata cara berpakaian

    Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan siswa dalam menganalisis isi dan tujuan suatu teks. Dongeng bertujuan untuk memberikan pelajaran moral. Jawaban: c

  3. Soal: Buatlah kalimat menggunakan kata "rajin" dan "sukses".

    a. Rajin belajar, sukses ujian.
    b. Rajin makan, sukses gemuk.
    c. Rajin tidur, sukses bangun kesiangan.
    d. Rajin bermain, sukses kalah.

    Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan siswa dalam menyusun kalimat dan memahami konteks penggunaan kata. Pilihan a menunjukkan hubungan sebab akibat yang tepat antara rajin dan sukses. Jawaban: a

C. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

  1. Soal: Mengapa kita harus mencuci tangan sebelum makan?

    a. Agar tangan terlihat bersih.
    b. Agar makanan terasa lebih enak.
    c. Untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh kuman.
    d. Agar kuku terlihat rapi.

    Pembahasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang kebersihan dan kesehatan. Mencuci tangan mencegah penyebaran kuman penyebab penyakit. Jawaban: c

  2. Soal: Apa yang terjadi jika kita terus-menerus menyiram tanaman dengan air yang sangat banyak?

    a. Tanaman akan tumbuh subur.
    b. Akar tanaman akan membusuk.
    c. Tanaman akan berbuah lebih banyak.
    d. Tanaman akan lebih tahan terhadap hama.

    Pembahasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang kebutuhan tumbuhan. Terlalu banyak air akan menyebabkan pembusukan akar. Jawaban: b

  3. Soal: Hewan apa yang beradaptasi dengan hidup di daerah kutub yang dingin?

    a. Singa
    b. Harimau
    c. Beruang kutub
    d. Gajah

    Pembahasan: Soal ini menguji pengetahuan siswa tentang adaptasi hewan. Beruang kutub beradaptasi dengan bulu tebal untuk menghadapi suhu dingin. Jawaban: c

III. Kesimpulan

Soal-soal pilihan ganda HOTS di atas merupakan contoh bagaimana menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas 4 SD. Soal-soal tersebut dirancang untuk tidak hanya menguji pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, tetapi juga kemampuan mereka dalam menganalisis, memecahkan masalah, mengevaluasi, dan menciptakan solusi. Penting untuk diingat bahwa soal HOTS harus disusun dengan cermat dan relevan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan, sehingga dapat memberikan gambaran yang akurat tentang kemampuan berpikir siswa. Guru dapat mengembangkan lebih banyak soal HOTS yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa di kelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *